3 Resep Masakan Sederhana Untuk Sehari-hari

Resep Masakan Sederhana Untuk Sehari-hari - Bosan dengan makanan yang itu-itu saja? Atau ingin mencoba masakan tradisional tapi diolah dengan cara yang kreatif? Meski tergolong sederhana, namun makanan-makanan ini dapat mengobati kerinduan akan masakan rumah yang mungkin sudah lama tidak dicicipi. Bahannya gampang dicari, bumbunya mudah dihapal, dan yang tidak kalah penting, tetap mengandung gizi yang diperlukan tubuh. Sekaligus juga praktis dan mudah pengolahannya bagi Anda yang tergolong sibuk.

Berikut ini 3 resep masakan sederhana untuk sehari-hari yang bisa Anda praktekkan di rumah.

1. Capcay


Bahan untuk membuat masakan China ini sangat mudah. Siapkan daging ayam, wortel, sawi, dan kembang kol. Anda bisa berkreasi dalam pemilihan bahan ini, misalnya mengganti daging ayam dengan bakso daging sapi, menambahi jamur, atau diberi beberapa butir kentang.Bumbunya, bawang putih cincang, tepung maizena yang sedikit diencerkan, kecap, saus tiram, garam, dan merica.

Cara memasak, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam, bakso, atau jamur, aduk hingga berubah warna sedikit kecoklatan. Tuangkan semua bumbu kecuali tepung maizena, lalu tambahkan sedikit air. Masukkan bahan sayuran, lalu terakhir tuangkan maizena. Aduk hingga mengental lalu angka.

2. Sayur Asem


Banyak variasi sayur asem, namun yang paling tradisional adalah sayur asem khas Jawa Timur. Bahan membuat sayur asem antara lain kacang panjang, terong bulat (potong 4 bagian), daun ubi jalar (bisa diganti dengan kangkung), dan kecambah besar. Bumbunya, bawang merah, lengkuas, sedikit cabai, garam, gula, dan belimbing wuluh (potong 2 bagian). Haluskan semuanya kecuali belimbing wuluh.

Cara membuat, didihkan sekitar 1 liter air, lalu masukkan semua bumbu dan belimbing wuluh. Setelah mendidih kembali, masukkan kacang panjang, terong, dan kecambah, tunggu hingga setengah matang. Masukkan daun ubi jalar atau kangkung, aduk hingga semua bahan empuk.

3. Pepes Ikan


Bahan untuk pepes bisa ikan tenggiri atau ikan apapun yang Anda suka. Haluskan bumbu-bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, dan garam. Campurkan dengan santan, daun jeruk purut, dan kemangi. Bungkus dengan daun pisang, lalu kukus selama 30 menit. Setelah matang, pangganglah sebentar untuk menambah rasa nikmat.

Demikian resep masakan sederhana untuk sehari-hari, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: