Resep Masakan Indonesia Praktis Sehari-hari Terikini 2015

Menentukan menu masakan setiap hari memang gampang-gampang susah. Selain harus menjaga agar keluarga tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja, istri atau ibu juga harus pandai-pandai mengatur keuangan keluarga agar dapat menghidangkan masakan lezat dengan biaya yang secukupnya.

Namun perlu diketahui, makanan yang lezat saja bukan berarti kebutuhan gizi lantas tercukupi. Selain menghadirkan pola makan yang bervariasi, hendaknya kandungan gizi juga diperhatikan agar tidak kekurangan nutrisi.

Berikut ini beberapa masakan asli Indonesia yang praktis untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.



Daftar makanan di atas hanya ilustrasi untuk menggambarkan perbandingan gizi yang sebaiknya ada dalam menu makanan sehari-hari. Orang dewasa butuh setidaknya 20-30 gram serat setiap hari, yang bisa didapatkan dari sayuran berwarna hijau. Imbangi dengan protein dari daging dan telur. Juga, yang tidak kalah penting adalah buah. Usahakan selalu ada buah berwarna kuning, hijau, dan oranye untuk menghambat penyerapan zat gula dari karbohidrat (nasi).

Salah satu menu masakan sederhana dan mudah yang memenuhi kebutuhan gizi seperti di atas adalah tumis atau cah. Bahannya sederhana, Anda bisa memilih sayuran kesukaan yang bisa ditumis seperti sawi, kangkung, atau brokoli. Anda bisa menambahkan telur, jamur, atau tahu sebagai bahan tambahan. Bumbunya pun mudah, hanya bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan penyedap. Tambahkan merica bubuk jika Anda suka.

Cara memasaknya pun gampang. Iris tipis-tipis bawang merah, bawang putih, dan cabai, lalu tumis sampai berbau harum. Masukkan bahan yang keras terlebih dulu (telur rebus, jamur, tempe, daging) baru kemudian masukkan bahan daun-daunan. Tambahkan sedikit air, masukkan garam, penyedap, dan merica bubuk, lalu angkat setelah mendidih.

Pada dasarnya, makanan yang baik adalah yang bermanfaat untuk tubuh. Jadi, daripada menuruti kesenangan sesaat dengan menyantap makanan cepat saji, mengapa tak mencoba resep masakan asli Indonesia? Sederhana, praktis, mudah, dan bergizi.

Subscribe to receive free email updates: