Aneka Resep Spesial Nusantara

Cara Membuat Pepes Yang Enak Dengan Teknik Khusus

Nanda Intan

Cara Membuat Pepes Yang Enak - Pepes pasti banyak peminatnya, tetapi tentu yang dicari orang adalah pepes yang memiliki cita rasa yang enak. Untuk membuat pepes yang enak, tentu ada triknya. Nah, berikut ini kami jabarkan trik dan teknik khusus cara membuat pepes yang enak.

Banyak makanan bisa kita jadikan pepes. Ikan hanya salah satunya. Bahan lain pun enak dipepes, mulai dari jamur, tahu, oncom, ikan asin, dan telur asin. Tentu tak salah juga kalau Anda ingin mencipta pepes yang lain seperti jeroan ayam, misalnya.


Apa pun bahanya, pepes harus enak rasanya. Pepes yang enak adalah yang bumbunya meresap sampai ke dalam. Bumbunya sendiri bisa beragam. Secara garis besar dibagi atas:
  • Bumbu iris (biasanya bawang merah, bawang putih, jahe, cabai). Lalu dilengkapi pengharum seperti serai, salam, kemangi.
  • Bumbu Halus (biasanya bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, terasi). Selebihnya berupa pengharum salam, tomat, daun jeruk.

Bumbu Halus Juga Bisa Dibuat Tanpa Kunyit


Bumbu halus bisa langsung dilumuri pada bahan yang dipepes atau ditumis dahulu. Keharumanya akan berbeda. Keduanya akan enak rasanya.

Teknik Memasak


Pepes adalah makanan yang dibungkus daun, dikukus, atau dipanggang. Proses pengukusan yang lama sekalipun seringkali dinilai tidak bisa menghasilkan pepes yang enak yang bumbunya meresap sampai ke dalam bahan makanan.

Karena itu sebelum dibungkus daun dan diracik dengan bumbu pepes, biasanya ada langkah yang harus dilakukan. Langkah ini adalah proses peresapan bumbu dan proses mengharumkan. Ada dua cara dalam proses pembuatanya:
  • Direbus di dalam banyak bumbu dan rempah pengharum
  • Dipindang. Bahan makanan dibungkus daun bersama berbagai rempah lalu dikukus dalam waktu lama.

Setelah salah satu cara dilakukan, barulah bahan makanan kembali dilumuri bumbu pepes dan dikukus kembali dalam waktu lama atau langsung dikukus kemudian dipanggang.