Cara Membuat Kue Singkong Isi Pisang Enak

Cara Membuat Kue Singkong Isi Pisang Enak – Singkong merupakan bahan masakan yang sekarang ini mulai ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia dengan alasan singkong sudah jadul dan kuno. Padahal singkong dapat kita olah menjadi berbagai macam makanan lezat, termasuk salah satunya adalah kue singkong isi pisang.

Kue ini biasa dijual di tepian jalan oleh pedagang kaki lima, terutama saat lebaran tiba menemukan kue ini sangat mudah. Namun tidak usah Anda menunggu lebaran untuk mencicipinya. Berikut kami sajikan resep dan cara membuat kue singkong isi pisang yang enak.

Kue Singkong Isi Pisang

Bahan-bahan:

- Singkong sebanyak 1 kg, usahakan yang berkualitas baik
- Pisang tanduk/jenis lain secukupnya
- Pewarna makanan hijau pandan secukupnya (bisa sesuai selera anda)
- Pasta vanili sekiranya 1/2 sendok teh
- Air bersih sebanyak 200 ml
- Gula pasir cukup dengan 200 gr
- Garam halus sebanyak 1/2 sendok teh

Bahan lapisan luar :

- Kelapa parut sebanyak 500 gr
- Garam sekiranya 1/2 sendok teh
- Daun pandan cukup dengan 1 lembar

Cara Membuat Kue Singkong Isi Pisang Dengan Mudah dan Praktis

1. Langkah pertama kupas terlebih dahulu singkong sampai bersih. Lalu parut singkong tadi sampai habis dan peras. Buang air perasan tersebut dan ambil ampasnya.
2. Campurkan semua bahan utama dengan ampas singkong tadi, lalu uleni sampai membentuk adonan mirip pasta. Usahakan jangan terlalu encer, sebab kita nanti akan menggulung adonan tersebut.
3. Setelah terbentuk adonan, tuanglah pada sebuah loyang datar. Lalu letakan pisang yang telah dikupas kulitnya diatas adonan tersebut. Gulung adonan sampai membalut pisang secara menyeluruh. Kukus gulungan tersebut selama 45 menit.
4. Sambil menunggu buatlah bahan lapisan luar. Caranya campur semua bahan lapisan kemudian kukus selama kurang lebih 5 menit.
5. Jika gulungan tadi sudah matang, ambil dan potong-potong sesuai selera. Lalu taburi dengan bahan lapisan luar tadi secara merata. Selesai.

Demikian informasi seputar cara membuat kue singkong isi pisang yang enak dan lezat. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan.

Subscribe to receive free email updates: