Resep Cara Memasak Nasi Uduk Betawi Mudah dan Sederhana

Resep Cara Memasak Nasi Uduk Betawi Mudah dan Sederhana – Nasi uduk termasuk kedalam warisan kuliner khas Betawi yang sudah ada sejak jaman dahulu kala. Hingga sekarang, kuliner tersebut masih banyak diminati oleh kalangan masyarakat.

Biasanya nasi uduk banyak dijual di warung makan Padang, namun tidak ada salahnya jika Anda membuat kuliner satu ini di rumah. Berikut kami bagikan resep cara memasak nasi uduk Betawi yang mudah dan sederhana.

Resep Cara Memasak Nasi Uduk Betawi Mudah dan Sederhana

Resep Nasi Uduk Khas Betawi yang Enak

Bahan-bahan:

- Beras putih cukup sebanyak 400 gram, pilihlah beras yang berkualitas baik
- Santan sekiranya 500 ml, atau yang setara dengan satu butir kelapa
- Garam cukup dengan 1 sendok teh
- Daun salam sebanyak 2 lembar
- Serai cukup dengan 2 batang, diambil bagian putihnya saja lalu dimemarkan
- Daun pandan sebanyak 2 lembar, dicuci sampai bersih dan diikat simpul

Bahan pelengkap:

- Daging ayam goreng secukupnya saja
- Irisan telur dadar sesuai selera masing-masing
- Bawang goreng secukupnya - Sambal kacang secukupnya
- Tempe yang digoreng kering secukupnya.

Cara Membuat Nasi Uduk Khas Betawi Dengan Mudah dan Praktis

1. Langkah pertama rebus terlebih dahulu beras bersama dengan garam, daun salam, serai, pandan, dan santan. Gunakan api kecil sambil sesekali diaduk agar tercampur secara merata. Apabila santan sudah mulai menyusut, angkat dan matikan api.
2. Selanjutnya, masukan beras yang telah direbus tadi kedalam pengukus. Kukuslah beras tersebut kurang lebih setengah jam. Setelah matang, matikan kompor pengukusnya kemudian angkat.
3. Sekarang, tuang nasi yang telah dikukus tadi keatas mangkuk. Kemudian sajikan bersama dengan bahan pelengkap sesuai selera masing-masing. Mulai dari suwiran daging ayam, rebusan telur, dan lain sebagainya.

Jangan lupa nikmati nasi uduk bersama dengan secangkir teh hangat agar semakin mantap. Itulah informasi seputar resep cara memasak nasi uduk Betawi mudah dan sederhana yang bisa kami sampaikan. selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates: