Resep Masakan Jawa Sederhana Paling Enak

Resep Masakan Jawa Sederhana - Anda yang berasal dari pedalaman Jawa dan kini tinggal di perkotaan, bisa jadi suatu saat akan kangen dengan masakan tradisional Jawa. Rasa dan aromanya yang khas akan membangkitkan rasa kangen pada kampung halaman.

Sebenarnya, masakan ala Jawa tidak jauh berbeda dengan masakan daerah lain. Hanya saja, karena masakan Jawa identik dengan tradisionalnya, maka masakan ini amat sederhana dan mudah dibuat. Bahan dan bumbunya adalah sayuran-sayuran yang biasa kita tanam di halaman belakang.

Bagi Anda penggemar masakan tradisional Jawa namun belum kesampaian untuk pulang kampung, berikut ini resep masakan Jawa sederhana yang dapat Anda coba di rumah.


1. Resep Masakan Botok


Botok dalam bahasa Indonesia bisa disebut pepes. Namun pepes ala Jawa ini lebih istimewa karena lebih nikmat jika dipanggang dulu sebelum disajikan.

Untuk bahannya, siapkan tahu putih, tempe, udang, teri, parutan kelapa, lamtoro, dan beberapa lembar kemangi.

Bumbunya cabe merah (iris tipis), cabe hijau (iris tipis), cabe rawit, bawang merah, bawang putih, jeruk purut, tomat (iris tipis), belimbing wuluh (iris tipis), kencur, gula, serta garam. Potong kecil-kecil tahu dan tempe, rebus lalu sisihkan. Lumatkan semua bumbu kecuali cabe merah, cabe hijau, tomat, dan belimbing wuluh. Campurkan semua bahan dan bumbu tanpa terkecuali, lalu tambahkan garam dan penyedap. Bungkus dengan daun pisang, kukus hingga matang.

2. Resep Sayur Lodeh


Sayur lodeh adalah masakan Jawa yang paling terkenal. Cocok untuk menemani makan siang dengan nasi atau lontong, sambal terasi, dan ikan asin.

Bahan-bahannya, siapkan nangka muda (potong kotak), kacang panjang (potong 5 cm), daun melinjo muda, dan cabe hijau (iris tipis). Jangan lupa santan kental, daun salam, serta sedikit gula. Haluskan bumbu-bumbu cabe rawit, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, kencur, lengkuas, dan garam.

Cara memasak, panaskan sedikit minyak di atas wajan. Tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan nangka muda. Aduk hingga merata dengan bumbu, lalu tambahkan air secukupnya. Masukkan kacang panjang, daun melinjo, cabe hijau, daun salam, dan gula. Tunggu hingga benar-benar mendidih. Masukkan santan, aduk-aduk agar santan tidak pecah, lalu angkat.

Masakan ala Jawa memang mengundang kenikmatan tersendiri. Resep masakan Jawa sederhana ini bisa Anda gunakan sebagai selingan ketika jenuh dengan masakan yang itu-itu saja.

Subscribe to receive free email updates: