Cara Membuat Kolak Pisang Spesial

Cara Membuat Kolak Pisang Spesial – Kolak pisang merupakan sajian yang sangat identik saat bulan puasa tiba. biasanya saat bulan puasa, kolak pisang disajikan ketika waktu berbuka tiba. memang kita dapat dengan mudah mendapatkan kolak pisang dengan membelinya di warung-warung terdekat. Tetapi membuat kolak pisang di rumah akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi kita.

Meskipun dalam pembuatan kolak pisang memerlukan waktu yang sedikit lebih lama, namun semua itu nantinya akan terbayar dengan kelezatan dari kuliner satu ini. berikut kami sajikan resep kolak pisang spesial bulan Ramadhan.

Cara Membuat Kolak Pisang Spesial

Resep Kolak Pisang Spesial Bulan Ramadhan


Bahan-bahan:

  • Ubi jalar merah sebanyak 250 gram, kupas dan potong dadu 2cm
  • Kolang-kaling cukup dengan 250 gram
  • Pisang kepok kuning sekitar 250 gram
  • Daun pandan cukup 3 lembar 
  • Gula pasir sebanyak 200 gram
  • Santan sekiranya 600 ml
  • Garam kira-kira cukup 1/2 sdt

Cara membuat kolak pisang dengan mudah dan praktis:

  1. Langkah pertama masak santan, daun pandan, dan garam sampai dengan mendidih sambil tetap terus dilakukan pengadukan. Hal ini bertujuan agar tekstur santan tidak menjadi pecah.
  2. Setelah benar-benar mendidih secara sempurna. Masukan kolang-kaling dan ubi jalar. Lalu masak bahan-bahan tersebut sampai menjadi setengah matang.
  3. Masukan pisang kepok dan gula pasir kedalamnya. Masak lagi bahan-bahan tersebut sampai mengental dan gula terlarut sempurna.
  4. Siapkan 5 mangkuk saji, kemudian bagi kolak pisang tersebut kedalam beberapa mangkuk tersebut selagi masih hangat.

Selain menyajikan selagi masih hangat, agar lebih nikmat Anda juga bisa menyajikan kolak pisang dalam keadaan dingin. Caranya dengan memasukan potongan es serut kedalam kolak tersebut.

Itulah ulasan singkat seputar cara membuat kolak pisang spesial bulan Ramadhan yang dapat kami sampaikan. ikuti semua langkah diatas dengan baik dan benar, agar hasil kolak pisang buatan Anda nanti semakin nikmat. selamat mencoba dan menikmati kelezatan kolak pisang buatan Anda sendiri.

Subscribe to receive free email updates: