Resep Kolang Kaling Sajian Lebaran

Resep Kolang Kaling Sajian Lebaran – Manisan kolang-kaling sangatlah nikmat apabila disajikan saat hari lebaran Idul Fitri telah tiba. Sebab teksturnya yang kenyal bercampur dengan rasa yang nikmat, akan membuat lidah para tamu semakin tergoda.

Untuk membuat manisan kolang-kaling sangatlah mudah sekali, tanpa memerlukan keterampilan khususpun Anda sudah bisa, langsung saja untuk membuat kuliner satu ini simak resep kolang kaling sajian lebaran berikut ini.


Resep dan Cara Membuat Manisan Kolang Kaling


Bahan-bahan:

  • Kolang kaling muda sebanyak 1 kg
  • Gula pasir sekitar 400 gram
  • Cengkih cukup dengan 10 butir
  • Kayu manis berukuran 5 cm
  • Daun pandan sebanyak 2 lembar, ikat simpul
  • Air putih matang sekiranya 1.2 liter
  • Sedikit pewarna merah dan hijau untuk makanan (selera)


Cara membuat manisan kolang-kaling dengan mudah:

  1. Pertama kalinya siapkan sebuah panci rebus terlebih dahulu. kemudian rebuslah gula pasir, cengkeh, kayu manis, dan daun pandan sampai benar-benar mendidih sempurna. Pastikan pula rebusan tersebut mengeluarkan bau yang harum.
  2. Sekarang masukan kolang-kaling yang telah dipersiapkan tadi kedalam rebusan tersebut, tunggu sampai kolang-kaling matang secara merata. Akan lebih baik apabila memasak kolang-kaling dengan menggunakan api kecil.
  3. Agar tampilan manisan kolang-kaling semakin terlihat menarik, Anda dapat menambahkan pewarna makanan. Tetapi jika tidak suka juga tidak apa-apa.
  4. Setelah pemasakan selesai, simpan manisan kolang-kaling tersebut kedalam lemari es atau freezer sampai dingin.
  5. Sajikan manisan kolang-kaling spesial saat hari Raya Idul Fitri tiba.

Dengan resep yang cukup mudah dan praktis, dijamin para tamu yang bersilaturahmi kerumah Anda akan semakin senang dan betah bermaaf-maafan. Agar lebih nikmat, Anda juga bisa menambahkan siraman air kelapa atau susu kental manis kedalam manisan tersebut.

Bagaimana, mudah dan praktis bukan?

Itulah informasi singkat seputar resep kolang-kaling sajian lebaran. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi camilan lebaran bagi Anda. Selamat mencoba dan menikmati

Subscribe to receive free email updates: