Aneka Resep Spesial Nusantara

Cara Membuat Kue Kering Rengginang Renyah

Cara Membuat Kue Kering Rengginang Renyah – Rengginang merupakan kue kering khas asli Indonesia. Biasanya kue kering satu ini disajikan saat ada acara hajatan. Mulai dari arisan kecil-kecilan, kondangan, dan bahkan acara pernikahan. Rasa yang ditawarkan dari kue ini adalah gurih dan renyah di lidah.

Meskipun terkesan memiliki penampilan yang biasa, tetapi jangan salah penggemar dari kerupuk rengginang ini sangat banyak. Terutama golongan anak-anak muda dan orang dewasa. Nah bagi Anda yang ingin mencicipinya, berikut kami sajikan cara membuat kue kering rengginang renyah dan gurih yang bisa Anda coba di rumah.

Kue Kering Rengginang

Bahan-bahan:

- Beras ketan putih sebanyak 2 liter (dicuci bersih dan rendam selama 5 jam)
- Minyak untuk menggoreng secukupnya saja
- Air untuk memasak seperlunya
- Ketumbar sekiranya 1/2 sendok teh
- Bawang putih sebanyak 3 siung
- Garam cukup dengan 1 sendok teh, haluskan
- Penyedap rasa sebanyak 5 gram.

Cara Membuat Kue Kering Rengginang Dengan Mudah dan Praktis

1. Pertama kalinya campurkan antara ketumbar, bawang putih, penyedap rasa, dan garam. Haluskan bahan-bahan tersebut lalu campurkan secara merata. Sisihkan terlebih dahulu.
2. Kukus beras ketan putih yang telah kita persiapkan tadi selama 10 menit. Angkat kemudian campur dengan bumbu halusan tadi.
3. Selanjutnya tuang air sebanyak 500 ml hingga bumbu yang ada di beras ketan tersebut meresap secara sempurna.
4. Kukus kembali beras ketan tersebut selama 25 menitan. Selagi masih hangat, cetak beras ketan tersebut hingga berbentuk lingkaran (bisa sesuai selera).
5. Kemudian jemur beras ketan tadi di bawah terik matahari selama kurang lebih 3 hari. Setelah itu goreng dengan menggunakan minyak agak sedikit banyak sampai mekar atau merekah. Tiriskan dan simpan dalam wadah kedap udara agar tahan kerenyahannya.

Seperti itulah cara membuat membuat kue rengginang renyah dan gurih yang dapat kami sampaikan. Selamat mencoba di rumah