Aneka Resep Spesial Nusantara

Kumpulan Resep Masakan Cina yang Paling Dikenal di Indonesia

Nanda Intan

Saat ini sudah banyak sekali kumpulan resep masakan Cina yang dimasak di restoran-restoran Cina maupun di pedagang kaki lima. Masakan Cina yang kaya akan warna dengan aneka macam campuran tentu telah diketahui masyarakat Indonesia sejak lama. Tidak jarang pula, beberapa masakan Cina mendapat modifikasi ketika masuk ke Indonesia.

Tentunya ini dikarenakan beberapa masakan asli Cina tidak sesuai dengan lidah orang Indonesia. Selain itu beberapa bahan masakan Cina sulit ditemukan dan mahal disini. Sehingga di pinggir jalanpun, kita dapat menjumpai pedagang kali lima yang menjajakan masakan khas Cina dengan harga yang relatif murah. Sebenarnya, anda bisa membuat masakan Cina dengan tangan anda sendiri. Karena membuat masakan Cina pada dasarnya tidaklah sulit.


Capcay


Masakan khas Cina yang paling sering dijumpai adalah capcay. Campuran dari berbagai macam sayuran ini akan membuat selera makan anda bertambah, karena aroma yang khas dan warna-warni sayuran akan menemani makan anda. Makanan ini dinamakann capcay karena dalam kumpulan resep masakan Cina sebenarnya terdapat 10 jenis campuran sayur. Mulai dari kentang, kembang kol, buncis, wortel, baby corn, brokoli, sawi, jamur, dan masih banyak lagi campuran dari sayuran yang ada dalam capcay.

Bahkan, sering terdapat campuran seperti udang, jeroan, daging ayam, maupun telur dalam capcay. Untuk membutnya tergolong mudah, anda hanya perlu menentukan apa saja yang akan anda jadikan isi dalam capcay ini. Seperti jenis sayur, bahan tambahan, yang akan anda masak. Lalu, siapkan bawang putih, minyak wijen, lada, garam, gula dan minyak wijen secukupnya. Selayaknya memasak tumis lainnya, begitu pula cara memasak capcay ini.

Fuyunghai


Masakan khas negara Cina lainnya yang cukup populer adalah fuyunghai. Dari namanya saja sudah terlihat bahwa pengaruh Cina dalam makanan ini sangat kental. Tidak heran, karena masakan ini memang berasal dari negara Cina yang tentunya oleh orang Indonesia sudah diadaptasi sesuai selera kita. Jika dalam bahasa Cina fuyunghai berarti telur yang didadar dengan daging kepiting, tentu di pinggiran jalan anda tidak menemukan kepiting di dalam fuyunghai ini.

Mungkin dalam restoran khas Cina anda masih menemukan daging kepiting dalam fuyunghai, namun karena harga kepiting cukup mahal di Indonesia, penggunaan kepiting diganti dengan bahan lainnya, seperti daging ayam contohnya. Untuk membuatnya, campurkan semua bahan dan goreng hingga matang, lalu siram dengan saus. Sebenarnya masih banyak kumpulan resep masakan Cina yang bisa anda coba sendiri. Masakan Cina yang khas dengan semua campurannya tidak akan pernah bosan untuk dicoba.