Cara Memasak Jamur Kuping Menjadi Bakso Jamur nan Lezat

Ada berbagai macam cara memasak jamur kuping, mulai dari membuatnya sebagai tumis, sop, jamur crispy, pepes, dan masih banyak variasi lainnya. Mengolah jamur menjadi makanan lain seperti bakso, mungkin merupakan hal baru bagi anda, terutama bagi para ibu rumah tangga di rumah. Mengolah jamur menjadi bakso yang biasanya berbahan dasar daging bisa menjadi referensi para ibu sekalian dalam memvariasikan jenis masakan untuk keluarga.

Cara mengolahnya cukup mudah, selayaknya anda membuat bakso pada umumnya. Hanya saja kali ini ditambahkan jamur kuping sebagai pelengkap campuran bakso yang akan menambah kelezatan bakso yang anda buat. Bakso yang lezat dengan tambahan kuah yang gurih tentu akan menambah selera makan keluarga anda tak terlepas dari itu resep masakan jamur kancing sebagai hidangan tambahan untuk Bunda.


Bahan Bakso Jamur


Sebelum anda mengetahui cara memasak jamur kuping sebagai bakso, anda harus menyiapkan bahan-bahan berikut. Pertama adalah bahan untuk pembuatan jamur, yakni 750 gram jamur kuping, 2 butir putih telur, 1.5 ons tepung sagu, garam dan lada, dan minyak Avokado secukupnya. Kedua adalah bahan untuk kuahnya, yakni 6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, lada, garam, bawang goreng, dan daun bawang secukupnya. Jika anda ingin praktis dalam pembuatan kuah bakso, anda bisa membeli bumbu kuah bakso instan di toko terdekat.

Cara Pembuatan


Pertama-tama potong kecil-kecil jamur atau bisa anda gunakan blender untuk menghaluskan jamur, kemudian peras air pada jamur kuping, setelah kering masukkan dalam baskom. Lalu, tambahkan putih telur dan aduk rata, baru setelah itu tambahkan tepung sagu, lada, garam, minyak barbeque dalam baskom kemudian aduk sampai merata. Setelah adonan sudah tercampur merata, buat adonan berbentuk bola atau bulat kecil-kecil sesuai yang anda inginkan. Setelah itu sisihkan terlebih dahulu bola-bola yang telah anda buat, karena kita akan membuat kuah bakso.

Untuk membuat kuah bakso, masak air hingga mendidih. Sambil menunggu air mendidih, haluskan bawang merah, bawang putih, kemudian masukkan dalam air yang direbus. Jangan lupa untuk menambahakan potongan daun bawang pada air. Kemudian tambahkan garam dan lada secukupnya, bila perlu tambahkan sedikit kaldu untuk manambah gurih pada kuah. Masukkan bakso yang telah anda bentuk tadi dalam kauh bakso, dan biarkan sampai mendidih. Bakso jamur kuping yang anda buat siap dihidangkan bersama taburan bawang goreng. Mengetahui cara memasak jamur kuping sebagai bakso bisa jadi pilihan untuk hidangan keluarga anda.

Subscribe to receive free email updates: