2 Resep Masakan Jepang Yang Mudah Dibuat di Rumah

Resep Masakan Jepang - Anda pencinta kuliner? Bagi pencinta kuliner, masakan ala Jepang merupakan salah satu yang patut dicoba. Cara memasak orang Jepang yang khas serta keunikan bahan-bahan membuat banyak orang ingin menikmati olahan dari Negeri Matahari Terbit itu.

Tapi tenang saja, Anda tidak harus pergi ke Jepang untuk memanjakan keluarga dengan masakan khas Jepang. Dengan sedikit berusaha mengumpulkan bahan-bahan, serta sedikit pengetahuan tentang resep, Anda sudah bisa menghadirkan citarasa Jepang di ruang makan Anda. Berikut ini dua resep masakan ala Jepang yang mudah Anda buat di rumah.

Resep masakan jepang

1. Ayam Teriyaki


Salah satu ciri khas masakan Jepang adalah saus teriyaki, rasanya asam-asam bercampur manis. Sebenarnya, teriyaki adalah metode memasak dan bukan nama makanan. Teriyaki secara bebas dapat diartikan dengan “memanggang dengan bumbu kecap manis”.

Untuk membuat ayam teriyaki, siapkan daging ayam tanpa tulang, lalu potong tipis memanjang. Bumbunya bawang putih, paprika, bawang bombay, jahe, kecap, gula, garam, mirin, dan lada bubuk. Rendam daging ayam dengan kecap, mirin, bawang putih, jahe, gula, garam, dan lada bubuk selama kurang lebih 15 menit. Panaskan minyak di atas teplon, tumis bawang bombay dan paprika, lalu masukkan daging beserta bumbu perendamnya. Tambahkan sedikit air, lalu beri penyedap. Angkat dan sajikan bersama nasi ketan hangat.

2. Sushi Roll


Ingat makanan Jepang, pasti ingat sushi. Makanan yang biasa disebut ‘lemper Jepang’ ini bisa Anda buat dengan praktis dan mudah. Siapkan beras sushi Jepang, cuka beras anggur, nori, alpukat (iris daging buahnya), daging salmon, mentimun, dan pasta wasabi.

Cara membuat, tanaklah beras sushi dengan rice cooker, kemudian segera campurkan cuka beras anggur ketika nasi sudah matang. Dinginkan. Taruh selembar nori di atas meja, lalu beri selapis tipis nasi di atasnya. Sisakan masing-masing 1 cm di bagian atas dan bawah. Taburkan wasabi di atas nasi, lalu susun mentimun, salmon, dan potongan alpukat di atasnya. Gulung nori hingga bertemu ujungnya, lalu potong menjadi 8 bagian dan sajikan.

Memasak makanan Jepang sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan bahan-bahannya lengkap. Daripada menghabiskan uang dengan keliling-keliling daerah untuk mencicipi makanan khasnya, kini Anda pun bisa menghadirkan citarasa khas dunia di dapur Anda.

Subscribe to receive free email updates: