Resep Bolu Kukus Mekar Dan Lembut

Resep Bolu Kukus Mekar - Banyak yang mengatakan kue bolu kukus ini memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Kue basah ini sering kita jumpai pada saat acara-acara perayaan besar seperti pernikahan, ulang tahun dan beragam lainnya. Cara membuat bolu kukus mekar ini cukuplah mudah, Bunda bisa mengikut langkah-langkah yang sudah kami berikan dibawah ini.

Bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 200 gram gula pasir putih 
  • 2 sendok makan susu bubuk putih
  • 2 butir telur
  • 225 ml minuman bersoda tawar
  • ½ sdt baking powder
  • ½ sdt esens vanili
  • 2 sdt emulsifier (sp/tbm)
  • Pasta coklat secukupnya atau bisa menggunakan pewarna makanan sesuai keinginan

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar:

  1. Siapkan mixer, masukkan gula pasir putih, telur dan emulsifier ke dalam Loyang, lalu kocok dengan kecepatan tinggi sampai adonan kaku dan mengembang, kurang lebih selama 15 menit. Setelah selesai itu matikanlah mixer, lalu sisihkan.
  2. Siapkan dandang kukusan dengan api besar, setelah mendidih kecilakan api, jangan di buka tutupnya. Akan lebih baik jika tutup dandang dibungkus dengan serbet agar uap tidak menetes pada kue saat kue di masukkan nanti.
  3. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, susu bubuk, esens vanila serta minuman bersoda. Teruskan mengocok hingga adonan mengental, kali ini jangan menggunakan mixer lagi, tapi gunakan saja spatula.
  4. Untuk mengetes kekentalan adonan tadi, ambil sedikit adonan dengan menggunakan sendok lalu tuang kembali. Adonan yang sudah jadi atau sudah kental tidak mudah cepat turun.
  5. Tuang adonan bolu kukus ke dalam cetakan yang sudah dialasi dengan cup kue.
  6. Isi hingga penuh, tetesi bagian tengahnya dengan sedikit pasta coklat. Lakukan berulang hingga adonan habis.
  7. Masukkan cetakan yang sudah terisi adonan ke dalam dandang, susun dengan jarak yang tidak terlalu rapat antar cetakan, agar adonan bisa mengembang dan mekar dengan sempurna. Kukus hingga matang kurang lebih 20 menit.
  8. Angkat bolu kukus, kemudian keluarkan dari cetakannya.
  9. Bolu siap disajikan jika sudah dalam keadaan dingin.

Meskipun cara membuat kue bolu kukus mekar kelihatannya gampang, tapi tidak banyak orang yang berhasil membuat bolu kukus mekar dengan sajian sempurna.


Lama persiapan : 10 menit
Lama proses : 45 menit
Hasil jadi : 5 porsi

Resep Bolu Kukus Mekar Dan Lembut

Subscribe to receive free email updates: