Resep dan Cara Membuat Donat Singkong Empuk

Resep dan Cara Membuat Donat Singkong Empuk – Donat merupakan kue yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Teksturnya yang empuk dan rasanya yang lezat, membuat kue satu ini banyak digemari. Biasanya kue donat dibuat dengan memanfaatkan adonan tepung, namun bagaimana jadinya ya kalau donat dibuat dari singkong?

Donat singkong mungkin belum cukup populer di tanah air, namun sebenarnya kue satu ini memiliki rasa yang sangat lezat bahkan bisa mengalahkan donat pada umumnya. Nah bagi Anda yang penasaran, langsung saja simak resep dan cara membuat donat singkong empuk berikut ini.

Resep dan Cara Membuat Donat Singkong Empuk

Resep Membuat Donat Singkong

Bahan-bahan:

- Singkong sebanyak 350 gr
- Telur ayam cukup dengan 2 butir
- Tepung terigu sebanyak 350 gr
- Susu bubuk sekiranya 5 sendok makan
- Baking powder cukup sekitar 1 sendok teh
- Gula halus sebanyak 5 sendok makan
- Ragi instant cukup 1 sendok makan
- Margarine sebanyak 100 gr
- Air bersih sekiranya 100 ml
- Minyak untuk menggoreng secukupnya saja
- Gula halus secukupnya (untuk lapisan luar)

Cara Membuat Donat Singkong Dengan Mudah dan Praktis

1. Pertama-tama kupas singkong, kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu kukus singkong sampai matang dan empuk. Selama mengukus jangan terlalu sering membuka tutup agar suhu lebih terjaga.
2. Apabila sudah matang, haluskan singkong yang telah dikukus tadi. Setelah halus, campurkan dengan semua bahan seperti telur, tepung terigu, baking powder, ragi, gula, dan sebagainya. aduk-aduk hingga semua bahan dapat tercampur secara merata.
3. Selanjutnya masukan air sedikit demi sedikit sambil diuleni. Usahakan adonan yang Anda buat bisa dibentuk. Setelah itu, bentuk adonan sesuai dengan selera masing-masing. Diamkan selama 30 menit agar mengembang.
4. Sambil menunggu mengembang, Anda dapat memanaskan minyak goreng secukupnya diatas wajan.
5. Setelah adonan sudah mengembang, gorenglah masing-masing donat hingga berubah warna menjadi kekuning-kuningan.
6. Terakhir taburi donat yang telah digoreng tadi dengan menggunakan taburan gula halus hingga merata. Lalu sajikan untuk keluarga tercinta. selesai.

Selamat mencoba resep dan cara membuat donat singkong empuk diatas!

Subscribe to receive free email updates: