Resep Semur Daging Sapi Khas Betawi Yang Lezat

Resep Semur Daging Sapi Betawi – Salah satu makanan terkenal yang berasal dari Jakarta adalah semur daging sapi. Daging sapi yang dipadukan dengan gurihnya rempah-rempah membuat makanan yang satu ini menjadi incaran para pencinta kuliner. Walaupun harganya sedikit mahal, namun hal ini tidak menjadi masalah bagi mereka.

Resep Semur Daging Sapi Khas Betawi Yang Lezat

Untuk membuat makanan ini diperlukan banyak sekali bahan. Namun anda tak perlu khawatir karena semua bahan tersebut dapat dengan mudah anda temukan di pasar terdekat. Jika anda penasaran bagaimana cara membuat makanan lezat ini, berikut merupakan Resep Semur Daging Betawi yang bisa anda buat sendiri di rumah.

Bahan-bahan :

- 1000 gr daging sapi - 500 ml air - 10 sdm kecap manis - 4 sdm minyak sayur - 1 sdt lada, disangai dan dihaluskan - 1 sdt jintan, disangrai dan dihaluskan - 5 lembar daun salam - 4 batang serai - Bawang goreng untuk taburan - Lengkuas secukupnya, dimemarkan - Kentang secukupnya, dikupas, dicuci, dipotong kecil-kecil - Garam secukupnya Bumbu halus :

Info menarik: Resep Semur Daging Betawi Asli Lezat

- 4 siung bawang merah - 7 siung bawang putih - 7 butir kemiri goreng - 4 cm jahe - 1/2 sdt terasi

Cara membuat :
  1. Campurkan minyak, bumbu halus, daun salam, serai, garam, kecap manis dan lengkuas ke dalam wajan 
  2. Aduk hingga merata agar semua bumbu tercampur dengan sempurna 
  3. Masukkan daging sapi ke dalam wajan, lalu aduk sambil diremas-remas agar bumbu meresap dengan baik 
  4. Masak daging tersebut menggunakan api kecil sampai warnanya berubah 
  5. Tambahkan air, kemudian masak lagi sampai dagingnya empuk 
  6. Masukkan kentang, jika air rebusan mulai menyusut tambahkan air panas 
  7. Aduk terus agar bumbu meresap dengan baik 
  8. Tambahkan lada dan jintan saat masakan sudah hampir matang - Aduk lagi, kemudian angkat - Semur daging sapi siap disajikan

Itulah Resep Semur Daging Sapi Betawi yang bisa anda buat sendiri di rumah. Makanan ini akan terasa spesial jika disajikan untuk keluarga anda. Semoga artikel mengenai resep ini bisa menambah pengetahuan anda mengenai berbagai masakan yang ada di nusantara.

Subscribe to receive free email updates: