Beberapa Resep Masakan Palembang yang Dikenal di Indonesia

Ketika membahas tentang Pelembang, pasti terkenal dengan jembatan Ampera yang kental akan sejarah kota tersebut. Palembang sebagai salah satu ibukota provinsi Sumatera Selatan, kota ini tentu memiliki beberapa resep masakan Palembang yang khas dan hanya bisa ditemukan di kota ini. Makanan yang paling terkenal dan menjadi andalan kota ini yakni Pempek khas palembang.

Meskipun telah banyak penjual pempek di sekitar kita, namun tidaklah lengkap rasanya berkunjung ke Palembanga tanpa merasakan masakan khasnya. Konon, olahan pempek terenak hanya bisa anda temui di kota Palembang ini. Selain pempek, kota ini juga memiliki banyak makanan khas, seperti tekwan, model, laksan, celimpungan, tempoyak, kue maksuba, martabak har, macam-macam pindang, kue srikayo, dan masih banyak lagi.


Pempek Khas Palembang


Makanan yang terkenal di Indonesia ini menjadi primadona untuk beberapa orang. Makanan yang terdiri dari campuran ikan dan tepung ini sangat digemari karena rasanya yang kenyal dan lezat. Ditambah dengan saus khas pempek yang asam membuat hidangan ini sayang untuk dilewatkan. Tidak sulit bagi anda untuk menemukan makanan ini, karena sepanjang jalanan kota Palembang pasti terdapat banyak pedangang menjual pempek dengan berbagai jenis, mulai pempek tahu, kapal selam, lenjer, keriting, adaan, kulit, udang, lenggang dan masih banyak lainnya.

Bagi anda yang penasaran dengan makanan ini, bisa mencoba resep masakan Palembang ini. Dengan mencampurkan adonan ikan giling dengan sagu anda bisa membuat makanan ini sendiri di rumah. Untuk sausnya, gunakan rebusan gula merah yang dipanaskan kemudian tambahkan irisan cabe, saus kecap, udang kering dan sedikit cuka.

Tekwan Khas Palembang 


Makanan khas Palembang yang satu ini cocok disantap dalam keadaan hangat. Dan patut anda coba ketika anda berkunjung ke Palembang, karena makanan ini memiliki cita rasa yang lezat dan gurih. Tekwan adalah salah satu makanan khas Palembang dimana di dalamnya terdapat bola-bola ikan dari sagu dan ikan cincang, serta adanya kuah dari kaldu udang yang akan memberi rasa gurih pada makanan ini. Biasanya diberi tambahan mie soun dan beberapa tambahan seperti jamur, sawi, hingga bengkuang.

Untuk membuat resep masakan Palembang yang satu ini, anda harus membuat bola-bola ikan seperti pada cara pembuatan bakso, lalu membuat kuah dimana tekwan khas Palembang menggunakan kaldu udang. Sebagai pelengkapnya, gunakan taburang bawang goreng atau seledri. Makanan ini tentu akan lebih nikmat bila dimakan bersama keluarga atau orang terdekat anda

Subscribe to receive free email updates: